Tips-tips Menghindari Gigitan Serangga

Digigit serangga (Arthropoda) merupakan salah satu pegalaman yang tidak menyenangkan. Bekas gigitan serangga dapat berupa, bercak kemerahan, bintik-bintik kemerahan yang disertai gatal atau nyeri. Selain itu dapat pula berupa gelembung yang berisi air dan bervariasi dari ukuran kecil sampai besar.

Gigitan serangga
Langkah-langkah sederhana yang dapat digunakan untuk menghindari terjadinya gigitan serangga, diantaranya adalah:
1. menggunakan pakaian yang tertutup di alam terbuka
2. mengibaskan pakaian dan sepatu sebelum digunakan
3. menghindari warna yang terang dan menggunakan parfum selama malam-malam musim panas.
4. menggunakan sepatu
5. menggunakan sarung tangan saat bekerja di tempat yang kotor
6. menggunakan repelen kimia. Repelen yang paling efektif untuk semua serangga termasuk nyamuk adalah repelen yang mengandung DEET. Pada anak-anak dianjurkan memakai repelen yang mengandung DEET <10%.

*Gambar diambil dari sini*

23 Komentar »

  1. Deddy berkata

    Seringkali gigitan serangga itu dianggep sepele ya… padahal bisa fatal dan berujung pada kematian. Btw… welcome to blogosphere world! :)

  2. Martha, dr berkata

    iya, banyak orang yang menganggap sepele, maka dari itu perlu berobat apabila gejala gigitan serangga tak kunjung membaik.

  3. baharazwar berkata

    Dok, sanak kita di Papua menggunakan minyak babi lho. Manjur. Nggak hatam kan kecuali kalau dimakan he he he

  4. HeLL-dA berkata

    Kalau digigit serangga, saya belum pernah ngalamin yang serius..
    Hehehe

  5. faiq berkata

    Trim, klo bisa, ditrangkn jg manajemen ggitan artropoda yang beracun, pean dr kn jg pnya pengalman kluar msk hutan, buat refeshing iptek.

  6. Martha, dr berkata

    Salam kenal dok…
    Memang masih banyak teman2 di pedalaman yang punya cara kreatif menghadapi gigitan serangga ;)
    kalo masalah haram ato nggak, saya rasa dokter lebih paham ;D

  7. Martha, dr berkata

    wah, berarti helda masih lebih beruntung daripada saya.
    Saya pernah digigit serangga sampai nggak bisa jalan, karena kedua kaki saya bengkak… :(

  8. Martha, dr berkata

    Wah, kalo digigit arthropoda beracun sih sebaiknya langsung ke puskesmas atau dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
    Penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah: segera mencuci bekas gigitan dan kompres dengan es…

  9. cecilia berkata

    Kalo udah ada tanda merah2 bekas digigit serangga apa masi boleh kita pake repelent lagi dok?
    Btw salam kenal dr martha, ditunggu yah artikel2 lainnya. Hehehe.

  10. Martha, dr berkata

    @cecilia : Salam kenal cecilia ;)
    mengenai pertanyaan cecil; sebaiknya diobati dulu gejala yang sudah timbul. setelah gejala mereda baru boleh memakai repelent lagi…

  11. serba-serbi berkata

    terima kasih tips-nya dok

  12. aldien berkata

    met kenal dok, mo tanya nie, saya kena serangga di lengan dan kaki (tiga tempat) bentol-bentol lebar sekali, dari ketiganya ada bekas dua gigitan yang jaraknya sama kira-kira 2-3 cm. kenanya di tempat tidur dok. nggak tahu dr temat tidur atau selimut. kebetulan tempat tidur tamu ini sudah satu bulan nggak ditempati. jenis serangga apa ya dok yang meninggalkan dua bekas gigitan? saya sudah perksa ke dokter tapi dokternya nggak memberi penjelasan. mohon dijelasin ya dok? makasih sebelumnya

  13. Martha, dr berkata

    @ Aldien: Maaf, balas komen nya lama :) Banyak sekali jenis serangga yang dapat menggigit manusia atau meninggalkan bekas gigitan pada kulit manusia. Dan sering sekali serangga tersebut berkembang biak di tempat yang berdebu atau tempat yang jarang dibersihkan. Sepertinya Aldien digigit serangga sewaktu tidur di kamar tamu yang lama tidak ditempati. Luka bekas gigitan serangga akan memudar (hilang) dalam waktu 1-2 bulan, tergantung dari kedalaman lukanya. Semoga saat ini Aldien telah sembuh :)

  14. iken berkata

    kalo gigitan serangga yg gatal trus digaruk nyeri tu dimana ya..org jawa biasa menyebut kamitetep…penasaran nih serangganya kaya apa?

  15. ayu berkata

    dokter,,saia merasa gatal di paha, di jari2 tangan saia,,
    tau2 ada kyk bintik2 putih gt yg isinya kyk air,,tp mrintis kecil2 gt dok,
    gatel banget,,,pe saia susah kerja,,gmn tu dok???

  16. inal berkata

    dok, saya pulang dari camping di hutan dan sepertinya digigit serangga , lalu muncul bentol2 di kaki,tangan dengan jumlah yg cukup banyak dan sangat gatal. yang mana kalo di garuk bentol2nya makin banyak. kira2 harus diobati dengan apa ya dok? sudah 4hari ini memakai balsem dan minyak tawon tapi blom ilang2!
    makasih

  17. intan berkata

    halo dokter martha.. suami saya sudah didiagnosis terkena ‘tungan’ dok oleh dokter spesialis kulit. bekas gigitan tungau itu merah dan ada gelembungnya ditengan gelembung itu ada ‘matanya’.. obatnya sudah habis diminum dan salepnya sudah dipakai, tapi suami saya terkena terus dok.. tindak lanjutnya harus gimana lagi ya dok? terima kasih atas sarannya ya dok..

  18. intan berkata

    halo dokter martha.. suami saya sudah didiagnosis terkena ‘tungau’ dok oleh dokter spesialis kulit. bekas gigitan tungau itu merah dan ada gelembungnya ditengan gelembung itu ada ‘matanya’.. obatnya sudah habis diminum dan salepnya sudah dipakai, tapi suami saya terkena terus dok.. tindak lanjutnya harus gimana lagi ya dok? terima kasih atas sarannya ya dok..

  19. wanda berkata

    dok, saya digigit serangga di kaki.. gatau serangga apa.. tapi udah 2 minggu lebih ga sembuh2.. masih bengkak dan lukanya merah gitu.. sebaiknya saya beribat ke dokter apa yah?? karena sebelomnya saya udah berobat ke dokter kulit sampe 6x, tapi ga sembuh2.. apa berbahaya?? terima kasih dok..

  20. Sussy Kartikasari Irianty berkata

    Keluarga saya sering bgt terkena serangga kamitetep, gatalnya luar biasa, merah meradang dan menjadi bengkak ada matanya dan terasa perih klo sering di garuk2.Sembuh sebentar kemudian esok gatel lagi mungkin selama racunnya masih didlm kulit rasa gatal itu gak akan hilang.Lalu obat apa yg sebaiknya digunakan agak tidak berbekas.Trimksh sebelumnya.

  21. rezky berkata

    iya, aq juga lagi terinveksi kamitetep. banyak bgt, sakit, gatel… hewanya kaya kwaci, biasa nempel di dinding. aq obatin pke kapur sirih lum reda. malah tambah banyak. nimbul terus satu2. obatnya apa ya dok. tolong petunjuknya…

  22. bagus berkata

    salam dr martha….
    mohon penjelasan ilmiah tentang “kamitetep” ya dok…
    ternyata banyak saudara kita yang terkena.
    anak saya malah bagian alat vitalnya yang terkena, tiap bobok malam selalu ngeluh gatal dan sakit akibat “kamitetep” hingga susah tidur.
    terima kasih sebelumnya…
    salam hangat

  23. Howdy! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the articles I realized it’s new to me.
    Anyways, I’m definitely happy I found it and I’ll be book-marking it and checking back frequently!

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: