Masih Muda Kok Udah Keriput…

Kulit yang bersih, bersinar dan kencang merupakan impian semua orang, terutama kaum wanita. Dan di zaman modern yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, kaum wanita menjadi semakin mawas dengan terjadinya proses penuaan (misalnya: keriput) pada kulitnya.

cermin ajaib?

Apa saja sih yang mempengaruhi terjadinya keriput?
– Genetik, orang-orang yang mempunyai tipe kulit kering cenderung lebih mudah untuk mengalami keriput
– Hormon, yang dimaksud disini adalah hormon estrogen. Wanita menopause yang notabene hormon estrogennya menurun cenderung lebih mudah keriput
– Ras, ada beberapa ras yang mempunyai kadar melanin yan lebih banyak dibandingkan ras lainnya. Melanin ini berperan sebagai pelindung terhadap sinar ultraviolet
– Lingkungan: sinar matahari, polusi udara, bahan pengawet dalam makanan, paparan AC, dan pemakaian kosmetik yang mengandung alkohol secara berlebihan sangat berpengaruh pada proses terjadinya keriput.
– Faktor-faktor lainnya: kebiasaan merokok, minum alkohol yang berlebihan, stress, dan keadaan gizi yang buruk (terlalu kurus).

Lalu kalau sudah terlanjut keriput di usia dini bagaimana? Tunggu artikel saya selanjutnya🙂

* Gambar diambil dari http://www.cartoonstock.com *

8 Komentar »

  1. Deddy said

    Kalau saya, aging-nya itu rambut ubanan. Hu hu hu…

  2. cecilia said

    Hm kayaknya saya belum keriput koq. Hehehe. Emang biasanya kalo yg karena faktor genetik ato ras gitu mulai umur berapa c tampak keriputnya? Btw ras apa tuh yg mudah keriput? ^^v

  3. Martha, dr said

    @deddy:
    tak apalah rambut udah tua, asalkan wajah tetap awet muda….😀

  4. haryoga said

    wah kalo saya termasuk golongan mahluk dengan estrogen rendah nih jadinya cepet keriput ya? tapi untunglah saya golongan kulit bermelanin lebih tebal jadi bisa lebih tahan keriput hee heee

  5. Martha, dr said

    @haryoga:
    setau saya haryoga masih belum tampak keriput kok..
    jaga “aset” berharganya baik2 ya😀

  6. Martha, dr said

    @cecillia:
    Keriput karena genetik biasanya terjadi pada umur 20-an (umur 20-an masih muda kan?)🙂
    Ras kulit putih dikatakan lebih mudah mengalami keriput. Hal ini desebabkan karena kulit putih lebih mudah terbakar sinar matahari sehingga lebih cepat terjadi proses menua.

  7. yoyok euy said

    Nah…dari semua faktor diatas, mana yang paling berpengaruh? Tentang bahan pengawet pada makanan. Apakah semua bahan pengawet atau hanya pada produk2 tertentu saja? Hmm…harus mengurangi konsumsi mi instan neh, he.. ditunggu artikel selanjutnya. thanks Dok,he..

  8. Martha, dr said

    @ yoyok euy:
    Menurut saya, yang paling berpengaruh adalah faktor lingkungan. Tapi pada dasarnya, faktor-faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain. Jadi, tak ada salahnya bila mulai belajar hidup sehat sejak dini (sebelum keriput)🙂

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: