Vegetarian; Bukan Sekedar Gaya Hidup (Bagian 1)

Pada era modern sekarang ini semakin banyak saja penyakit yang ditemukan. Sejalan dengan meningkatnya angka kematian akibat beberapa penyakit modern, seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, kanker, kegemukan, hipertensi, stress, dan hiperkolesterolemia, pola hidup sehat dengan vegetarian merupakan pilihan yang tepat.

Love us, not Eat us!

Memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang belum terlatih dan tidak mendapat dukungan dari keluarga. Seringkali masyarakat beranggapan bahwa vegetarian akan menyebabkan terjadinya anemia. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai vegetarian. Anemia yang sering dikaitkan dengan vegetarian adalah anemia defisiensi zat besi (Fe).

Nah, Apa sih Anemia itu?
Anemia, atau yang lebih kita kenal dengan penyakit kurang darah, adalah bila kadar hemoglobin darah kurang dari 12 g/dL dan hematokrit kurang dari 35 cL/L. Data WHO menyebutkan kurang lebih dua miliar penduduk dunia terkena anemia. Tanda-tanda anemia antara lain : kulit pucat, rasa lelah, nafas pendek, kuku mudah pecah, kurang selera makan, dan sakit kepala bagian depan.  Namun, terkadang tidak ada keluhan bila pasien mengalami anemia ringan. Oleh sebab itu tidak ada data yang pasti mengenai jumlah kasus anemia di dunia.

Vegetarian itu gimana ya?
Vegetarian mempunyai dua pengertian, yakni sebagai kata benda dan kata sifat. Sebagai kata benda, berarti orang yang berpantang makan daging, tetapi hanya makan sayur-sayuran dan bahan makanan nabati lainnya. Sebagai kata sifat, vegetarian berarti tidak mengandung daging atau kebiasaan berpantang daging.

Ada beberapa kelompok vegetarian :

  1. Vegetarian Vegan
    Merupakan kelompok vegetarian murni, karena tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, telur, dan susu.
  2. Vegetarian Lacto
    Merupakan kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi susu dan hasil olahannya seperti: keju, mentega, dan yoghurt.
  3. Vegetarian Lacto-ovo
    Merupakan kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi telur, susu, dan hasil olahannya.
  4. Vegetarian Pesco
    Merupakan kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi makanan dari ikan, baik ikan air laut maupun ikan air tawar.
  5. Vegetarian Fluctarian
    Merupakan kelompok vegetarian yang hanya pantang makan daging berwarna merah.

Banyak sekali pendapat mengenai gaya hidup vegetarian ini, terutama mengenai kelompok vegetarian yang manakah yang baik untuk kesehatan dan tidak menyebabkan anemia? Tunggu artikel bagian kedua yang khusus membahas menganai pola makan vegetarian yang baik untuk kesehatan tanpa menyebabkan anemia!

19 Komentar »

  1. Deddy said

    Wah, langsung dapet penjelasan dari pakarnya nih🙂 Ditunggu tulisan berikutnya yaa…

  2. Ali Sungjoko said

    SISI LAIN DARI VEGETARIAN
    orang menjalanin vegetarian emang bagus, tapi terlebih dahulu harus dilihat tujuan untuk apa melakukan vegetarin itu dilakukan. kalo tujuan nya hanya semata mata untuk kesehatan atau gaya hidup sih gak ada masalah dan boleh boleh aja.
    Tetapi bila vegetarian itu disangkut pautkan denagn kegiatan religi keagamaan tidaklah dibenarkan jika melakukan vegetarian tetapi yang dikonsumsi seperti sate buatan, steak buatan, seafood buatan, burger buatan, dan sebagainya. emang benar niat sudah baik tapi melakukannya yang tetap salah. bener gak?

  3. cecilia said

    Kayaknya c ud banyak yah seminar2 yg menjelaskan tentang gimana pentingnya kita menjadi vegetarian, cuma yah seperti yg ditulis dr martha, TIDAK MUDAH menjadi vegetarian. Trust me, i already knew that..🙂

    @ Ali Sungjoko
    Aku baru tau nih ada vegetarian coz berhubungan dg suatu agama, emang napa koq veget yg seperti itu g boleh makan makanan seperti yg disebutkan bang Ali di atas? Tolong dijelasin yah.🙂

    Menurutku kayaknya g penting kalo untuk jadi vegetarian tuh harus diliat dulu tujuan ato embel-embel lainnya, apalagi memutuskan salah bener tindakan orang tsb. G ada salahnya jadi vegetarian, n g ada salahnya juga kalo kita tetep keukeuh jadi omnivora. No offense, just my opinion…. ^^v

  4. Martha, dr said

    @ Deddy:
    Jangan terlalu menyanjung, mas..
    Saya bukan pakar, saya masih belajar juga mengenai vegetarian, terutama pelaksanaannya😛

    @ Ali Sungjoko:
    Salam kenal Bang Ali🙂
    Memang masih menjadi perdebatan (pro & kontra) oleh banyak orang mengenai konsumsi steak buatan, daging buatan, sate buatan, dll.
    Ada beberapa pihak yang sangat2 menolak mengkonsumsi daging buatan tersebut, namun ada juga beberapa pihak yang sangat menggemari-nya.
    Menurut pendapat saya, benar dan salah adalah relatif, tergantung dari sudut pandang (sisi) mana kita menilainya. Dan saya rasa, vegetarian dengan alasan apapun dapat dinilai benar maupun salah. Tergantung dari sisi mana kita “memandang”-nya…

    @ Cecilia:
    Hallo Cecil, sepengetahuan saya, memang ada beberapa agama yang menyarankan agar umatnya bervegetarian. Namun ini bukanlah suatu pemaksaan untuk bervegetarian, semuanya kembali ke pribadi masing2.
    Sampai saat ini saya belum pernah mendengar ataupun melihat peraturan tertulis dari agama tertentu yang melarang konsumsi daging buatan tersebut. Tetapi memang ada yang menyarankan untuk mengurangi/menghindari daging buatan dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

  5. Sasa said

    Mencoba jd vegetarian lg kah dirimu?hehehe..aku bkn veggie tp makanan veggie enak2 ko..daging2 buatannya jg enak..ga mslh ko mnrt ku..toh konsepnya ga menyalahi aturan..

  6. dewabenny said

    Aduh kalo aku kayaknya ga bisa jadi vegetarian…masih belum bisa melepaskan dari nafsu mengkonsumsi daging…hehehe…

    Martha tukeran link yuks…

  7. Martha, dr said

    @ Sasa:
    Kalo balik veggie lagi sih enggak, tapi ngurang2 in lah…
    Udah mulai gak sehat nih😦

    @ dewabenny:
    Udah ku-link, ben. Thanks

  8. haryoga said

    looo…komentarqu kok gak masuk ya?!?!

  9. Irene said

    Bagus banget kalo bisa taat jd vegetarian dilihat dari segi kesehatan. Tp ada jg lho sumber nabati yang wajib diwaspadai konsumsinya, misalnya daun dan buah melinjo..kabarnya bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Gmn menurut dr. Martha? Bisa tolong dijelaskan tumbuhan lain yang hrs kita waspadai?
    Mengenai vegetarian yang berhubungan dengan agama, mnrt saya, ga ada salahnya orang mengkonsumsi daging buatan, itu hanya masalah selera individu dan variasi masakan saja..untuk yang ini saya tidak ingin memancing komentar lain..hanya ingin urun pendapat saja.
    Untuk dr.Martha, ditunggu artikel berikutnya..cemangatt!!

  10. Martha, dr said

    @ Irene: Memang, bila melinjo dikonsumsi berlebihan (setiap hari & dalam jumlah sangat banyak) bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Tetapi peningkatan asam urat dalam darah bukan hanya dipengaruhi oleh “kesalahan” konsumsi saja. Untuk tumbuhan yang harus diwaspadai, kok saya nggak ngerti maksud pertanyaannya ya…. Maaf..

  11. dr. Nasir said

    Salam kenal dulu ah…
    Tertarik juga pembahasan tentang vegetarian, sehat memang, tapi kebanyakan orang vegetarian badannya kok kurus2 ya ? Tapi bukankah kita juga butuh lemak, protein dari hewan ? Lalu bagaimana juga dengan fenomena penggunaan suplemen herbal, apa itu ada kaitannya dengan vegetarian? Mohon pencerahan…
    Oya, mampir juga ke web saya ya… izin membuat link ke blog dr. Martha.
    Trims.

  12. Liliyana said

    Temukan lebih banyak tentang artikel vegetarian di http://www.newvegeplanet.co.cc. Di blog tersebut juga ada referensi dari dr.Hendry, MARS dan ahli gizi Drs.Susianto, MKM. Salam sehat

  13. herry TJ said

    saya sudah vegetarian dari tahun 97,( telor, mentega ,yakul, masih makan ) tapi, sekali itu pernah saya coba makan daging ayam, setelah makan , kepala saya jadi pusing , adakah efek nya ya ?
    adakah, pertemuan para vegtr dijakarta , saya baru masuk jakarta…?
    terimaksih

  14. Shally said

    Dari dulu berniat vegetarian tapi belum bisa juga.. ga boleh juga sama orangtua.. takut aku jadi parah anemianya.. but ur info sungguh bermanfaat..

    terimakasih ya..

    -www.thetransferfactorindonesia.com-

  15. TuSuda said

    Vegetarian dari segi kesehatan sangat banyak manfaatnya, saya sudah komitment sejak tahun 2005 menjadi vegetarian walaupun masih belum murni, karena bumbunya masih ada bawang dan telur, namun rasanya banyak ada perubahan fisik dan mental. Disamping secara spiritual menghargai seluruh mahluk hidup ciptaan-NYA. Terimakasih…
    Mari berbagi kata, berita dan cerita untuk kemajuan bersama. Kunjungi dan koreksi situs pribadi saya : putusudayasa.wordpress.com.

  16. Martha, dr said

    @ Tusuda: Saya pribadi pun merasakan banyak manfaat ketika ber-vegetarian, dok. Hidup terasa lebih ringan…

  17. maria malau said

    Hai..salam kenal semoga sehat aja. Saya mau nyoba jadi vegetarian tapi agak ragu dan takut, sebaiknya mulai dari vegetarian golongan yg mana ya kalau untuk meningkatkan kesehatan tubuh? Tks

  18. LING said

    saya juga mau menjadi vegetarian, namun susah juga nih, apakah mulai dari kelompok Vegetarian Lacto-Ovo / V. Pesco, sekarang sih sudah banyakin makan sayuran, spt gado2, urap.

  19. drvegan said

    dear dr Martha
    Salam kenal,

    Tulisan yang bagus, Vegetarian : Pola Hidup Sehat, Kuat, dan alami.

    Salam Vegan

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: